• Kamis, 2 Desember 2021

Mahasiswa Farmasi UMP Ini Bikin Permen Anticorona Pakai Bawang Merah, Seperti Apa?

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 16:14 WIB
Mahasiswa Farmasi UMP Ini Bikin Permen Anticorona Pakai Bawang Merah, Seperti Apa? (Antara)
Mahasiswa Farmasi UMP Ini Bikin Permen Anticorona Pakai Bawang Merah, Seperti Apa? (Antara)

SMOL.ID - Di saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, mendorong banyak orang lebih kreatif dan inovatif. Seperti dilakukan sejumlah mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini.

Mereka berhasil menciptakan inovasi baru permen yang bisa meredakan batuk.  Permen itu yang sukses diciptakan itu diberi nama Permen Anticorona.

Ketua Tim Mahasiswa Farmasi UMP Risti Ainun Nisa mengatakan inovasi berupa permen Anticorona itu telah diikutsertakan dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Menurutnya, anggota tim Farmasi UMP yang mengikuti ajang PKM terdiri atas Ryan Wody Prawidasary (mahasiswi semester 7), Aldy Tri Renaldy (mahasiswa semester 7), Angelia Yuliana Safitri (mahasiswi semester 7), dan Uzma Eliyanti (mahasiswi semester 5).

"Saat mau mengusulkan proposal untuk PKM sudah terjadi pandemi (COVID-19). Salah satu gejala Covid-19 adalah batuk. Kebetulan salah satu rekan kami kalau sedang batuk, dia makan bawang merah yang dipotong," katanya saat ditemui di Laboratorium Farmasi UMP, Rabu 4 Agustus 2021.

Baca Juga: Waspada, Kualitas ASI Bisa Turun Karena Konsumsi Berita Hoax

Jika tanpa campuran apapun, bawang merah yang dimanfaatkan untuk meredakan batuk itu terasa tidak enak dan baunya tidak sedap.

Atas dasar testimoni tersebut, tim mahasiswa Farmasi melakukan studi literatur untuk mencari kebenaran mengenai khasiat bawang merah sebagai pereda batuk.

"Setelah kami melakukan studi literatur, beberapa hasil yang kami dapatkan itu terbukti bahwa bawang merah berkhasiat sebagai pereda batuk. Namun, karena rasa dan baunya tidak enak, banyak masyarakat yang kurang suka," kata Risti.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Sumber: Antaranews.com

Tags

Terkini

Walikota Solo Harap ASN Tidak Minta Cuti Nataru

Rabu, 1 Desember 2021 | 22:15 WIB
X