• Minggu, 29 Januari 2023

Video Viral, Warga Korban Gempa Hadang Mobil Pembawa Bantuan Logistik di Rancagoong Cianjur

- Rabu, 23 November 2022 | 21:54 WIB
Video Viral, Warga Korban Gempa Hadang Mobil Pembawa Bantuan Logistik (IST)
Video Viral, Warga Korban Gempa Hadang Mobil Pembawa Bantuan Logistik (IST)

SMOL.ID - Sebuah video beredar di media sosial menjadi viral menunjukkan sejumlah warga diduga korban gempa Cianjur menghadang mobil pembawa bantuan logistik.

Mobil pembawa bantuan logistik untuk korban gempa itu dihadang sejumlah orang di wilayah Rancagoong Kabupaten Cianjur.

Dari tayangan video itu, sopir pembawa bantuan logistik untuk korban gempa Cianjur memilih memundurkan mobilnya karena khawatir terjadi penjarahan.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan sedang menyelidiki penghadangan dilakukan warga terhadap mobil pembawa logistik yang akan melakukan distribusi bantuan ke korban gempa.

"Kami sedang menyelidiki, orang-orang yang terekam dalam video itu akan dimintai keterangan," kata Kapolres, Rabu 23 November 2022.

Baca Juga: Masih Terus Didata dan Buka Call Center, BNPB Siap Bangun Rumah Warga Terdampak Gempa

Sementara itu Kepala BNPB Suharyanto mengakui memang terjadi penghadangan dilakukan warga korban gempa.

Mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan pembagian logistik harus diatur agar tepat sasaran dan merata. Pembagian logistik sebaiknya dibuat alur. Relawan tak perlu langsung mendistribusikan sendiri-sendiri tetapi sebaiknya dikumpulkan di Posko.

"Untuk mencegah itu, makanya saya jelaskan dibuat alur distribusi logistik yang bisa lebih tertib, dan teratur, daripada bawa logistik sendiri ke atas, belum tentu diterima dengan baik, lebih baik pul-kan di posko," kata Suharyanto Rabu 23 November 2022.

Seperti yang terjadi di Rancagoong, kepala desanya belum melakukan alur yang telah ditetapkan terkait pembagian logistik. Jadi logistik diperoleh dari menghajar ke mana-mana.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X