• Rabu, 7 Desember 2022

DPR Menunggu Surpres Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa

- Kamis, 24 November 2022 | 10:28 WIB
DPR Menunggu Surpres Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa (IST)
DPR Menunggu Surpres Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa (IST)

SMOL.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut telah menyiapkan Surat Presiden (Surpres) calon Panglima TNI pengganti Andika Perkasa.

Andika Perkasa segera pensiun 21 Desember 2022, maka harus disiapkan siapa penggantinya.

Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidirich Paulus mengingatkan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) untuk segera menyetorkan nama pengganti Andika Perkasa.

Setidaknya, nama calon Panglima TNI pengganti Andika sudah masuk ke DPR RI sebelum memasuki masa reses.

Baca Juga: Andika Perkasa Segera Pensiun, Jokowi Sudah Siapkan Surpres Pergantian Panglima TNI

Lodewijk mengatakan, Komisi I saat ingin menunggu Surpres itu, karena sesuai aturan sebelum Andika Perkasa pensiun nama penggantinya sudah ada.

"Pak Andika pensiun kan tanggal 21 Desember ya. Itu secara de facto beliau pensiun, tapi secara de jure itu per 1 Januari ya. Nah tentu kita gunakan 21 Desember beliau pensiun," kata Lodewijck di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Selasa 22 November 2022.

Mengingat DPR akan memasuki masa reses maka diharapkan Kemensesneg segera mengirimkan nama tersebut dalam kurun waktu minggu ini.

"Nah ditarik ke belakang sebelum dia pensiun, 20 hari sebelumnya Presiden sudah mengajukan surat ke DPR di luar dari 20 hari di luar masa reses. Berarti kalau dihitung-hitung kita itu kan mulai reses tanggal 16 (Desember) paripurna, ditarik ke belakang tanggal 25 (November) paling lambat surat dari Presiden sudah masuk ke DPR menyampaikan siapa calon Panglima TNI," jelas Lodewijk.

Baca Juga: Andika Perkasa Segera Pensiun, DPR Harap Panglima TNI dari Angkatan Laut

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X