• Minggu, 5 Februari 2023

Kesetaraan Gender Jadi Salah Satu Tema yang Diusung KUPI II, Ini Pesan Ma'ruf Amin

- Jumat, 25 November 2022 | 20:06 WIB
Kesetaraan Gender Jadi Salah Satu Tema yang Diusung Konferensi Ulama Perempuan Indonesia II  (Dok. SMOL.ID)
Kesetaraan Gender Jadi Salah Satu Tema yang Diusung Konferensi Ulama Perempuan Indonesia II (Dok. SMOL.ID)

SMOL.ID - Setelah sukses menyelenggarakan kongres pertama pada tahun 2017 di Cirebon, KUPI menyelanggarakan kongres kedua di Kota Ukir dan UIN Walisongo Semarang, Rabu, 23-6 November 2022.

Mengambil tema Meneguhkan Peran Ulama Perempuan untuk Peradaban yang Berkeadilan, acara tersebut selaras dengan kesetaraan gender bahwa perempuan memiliki kesamaan hak dengan laki-laki.

Islam sebagai agama yang menjunjung tinggi keadilan dan persamaan memandang bahwa laki-laki dan perempuan memiliki kedudukan yang sama dan memiliki kesempatan yang sama dalam kehidupan di masyarakat.

Kesetaraan gender bukan hanya tentang kesetaraan tugas namun di sana kesetaraan juga terkait kesetaraan dalam pekerjaan.

Baca Juga: Mahasiswa KPI UIN Walisongo Semarang Kampanyekan Kesetaraan Gender di Acara KUPI

Misalnya dalam hal pekerjaan untuk perempuan dan pekerjaan untuk laki-laki itu sama. Perbedaan antara laki-laki dan perempuan bukan dalam hal seksualitas tetapi di ketakwaan.

“Dalam Qur’an Surah An Nahl ayat 97, Allah menjelaskan bahwa perbedaan bukan hanya dari sisi seks saja tetapi dari sisi pekerjaan dan ketakwaan,” ungkap Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

KUPI II disambut baik oleh dunia Internasional dalam kaitannya dengan penyadaran terhadap gender, toleransi, dan pemusnahan perbedaan hak asasi terutama bagi perempuan.

“Budaya patriarki yang ada di Indonesia menjadikan peran perempuan terbatas bahkan tidak sama dengan laki-laki. Nah dengan adanya KUPI membuka pemahaman masyarakat bahwa perempuan punya hak yang sama,” ujar Apriyanti Marwah peserta dari Forum Aktivis Muda Indonesia (FAMI).

Halaman:

Editor: Syadza Haniya Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X