• Minggu, 5 Februari 2023

Wujudkan Tatanan Hidup Sehat, Pemkot Semarang Dapat Dua Penghargaan dari Indonesia Healthcare Forum

- Jumat, 25 November 2022 | 20:57 WIB
Wujudkan Tatanan Hidup Sehat, Pemkot Semarang Dapat Dua Penghargaan dari Indonesia Healthcare Forum.
Wujudkan Tatanan Hidup Sehat, Pemkot Semarang Dapat Dua Penghargaan dari Indonesia Healthcare Forum.

SMOL.ID - Keseriusan Pemerintah Kota Semarang dalam mewujudkan tatanan hidup sehat mendapatkan apresiasi dari Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) melalui ajang Indonesia Healthcare Innovation Awards (IHIA) VI di Djakarta Teater, Kamis (24/11) malam.

Bahkan dalam ajang tersebut, Pemerintah Kota Semarang berhasil meraih dua penghargaan sekaligus untuk dua kategori yaitu kategori Inovasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat melalui program Pelangi Nusantara (Pelayanan Gizi dan Penyuluhan Kesehatan Anak serta Remaja) dan yang kedua kategori Inovasi Mutu Pelayanan Kesehatan melalui program Gempol Primadona (Gerakan Puskesmas Poncol Perangi HIV AIDS Dan IMS Dengan Koordinasi Lintas Sektor Dan Swasta).

“Alhamdulillah hari ini saya bersama teman-teman Dinas Kesehatan Kota Semarang dan Puskesmas mendapatkan penghargaan terkait Germas yaitu Pelangi Nusantara yang meraih diamond award yaitu penghargaan tertinggi. Kemudian untuk platinum kami dapat pada kategori mutu pelayanan lewat Gempol Primadona. Tentu ini menambah semangat bagi teman-teman baik DKK maupun dari Puskesmasnya,” ungkap Pelaksana tugas atau Plt. Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu usai menerima penghargaan.

Baca Juga: Kesetaraan Gender Jadi Salah Satu Tema yang Diusung KUPI II, Ini Pesan Ma'ruf Amin

Total ada enam inovasi dari empat kategori kiriman Pemerintah Kota Semarang yang berhasil masuk ke dalam peringkat sepuluh besar dalam ajang penghargaan tersebut.

Pada kategori Inovasi Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu ada DRILL EMERGENCY (Simulasi Kasus Kegawatdaruratan) dari Puskesmas Gunungpati dan Galaksi Bimasakti "Warga Dan Ambulan Hebat Dalam Aksi Menuju Safe Community” dari Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Kota Semarang.

Di kategori Inovasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) ada Batik Lurik (Basmi Jentik Kelurahan Resik) dari Puskesmas Gunungpati dan Pelangi Nusantara dari Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Sedangkan pada kategori Inovasi Mutu Pelayanan Kesehatan ada Gempol Primadona dari Puskesmas Poncol dan dari kategori Inovasi IT Kesehatan ada RONALDO (Robot Cerdas Layanan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Semarang).

“Terima kasih kepada masyarakat yang sudah memanfaatkan Pelangi Nusantara dan pelayanan di Puskesmas Poncol. Ini akan menjadi inspirasi bagi Puskesmas-Puskesmas lainnya untuk berinovasi. Kita juga tidak lupakan ini support dari Bapak Hendrar Prihadi yang saat ini menjadi kepala LKPP. Ini berkat bantuan beliau sebelumnya. Matur nuwun kepada Pak Hendi. Kami masih butuh supportnya agar lebih baik dan penghargaannya semakin banyak,” ucap Mbak Ita, sapaan akrabnya.

Pelangi Nusantara adalah program intervensi gizi spesifik penanggulangan masalah gizi masyarakat dalam mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif, serta pencapaian pembangunan berkelanjutan di Kota Semarang dengan menggunakan pendekatan continuum-of-care 100 Hari Pertama Kehidupan.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X