Jokowi Akhirnya Pilih KSAL Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa

- Senin, 28 November 2022 | 19:42 WIB
Jokowi Akhirnya Pilih KSAL Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa (IST)
Jokowi Akhirnya Pilih KSAL Yudo Margono Jadi Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa (IST)

SMOL.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menjatuhkan pilihan ke KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI baru menggantikan Andika Perkasa.

Pilihan Jokowi itu diumumkan DPR RI dan Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) Senin 28 November 2022.

Pengumuman KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI yang baru menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun dilakukan Ketua DPR RI Puan Maharani serta Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Parlemen.

Baca Juga: Jenderal Andika Perkasa Pensiun, Siapa Bakal Panglima TNI?

"Dalam surpres yang kami terima disebutkan nama yang akan diajukan ke DPR untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa," kata Puan di gedung Parlemen, Jakarta.

"Saya akan mengumumkan bahwa nama yang diusulkan oleh presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana Yudo Margono," imbuh Puan

Selanjutnya, DPR akan memproses penggantian Panglima TNI Jenderal Andika sesuai mekanise. Uji kepatutan dan kelayakan calon panglima TNI akan digelar di Komisi I DPR.

Nama KSAL Yudo Margono santer bakal menjadi calon panglima TNI baru. Pilihan Jokowi ini tak lepas dari desakan sejumlah anggota Komisi I DPR RI.

Komisi I meminta Jokowi memilih Panglima TNI dari matra Laut karena sepanjang kepemimpinannya tidak pernah ada Panglima TNI dari Angkatan Laut.

Baca Juga: Istana Pastikan Kirim Surpres Calon Panglima TNI Langsung ke Pimpinan DPR 28 November

Nama Yudo bakal dipilih Jokowi sudah santer terdengar. Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid sebelumnya mendapatkan informasi serupa.

"Kabarnya Pak Yudo. Saya juga dapat kabar gitu, tapi tetap nanti harus tunggu surpresnya ya," kata Meutya.

Seperti diketahui Jenderal TNI Andika Perkasa segera memasuki masa pensiun 21 Desember 2022. Nama calon penggantinya diharap sudah ada sebelum DPR RI memasuki masa reses.***

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HCB Deklarasi Maju Caketum PWI 2023 di Arena HPN

Rabu, 8 Februari 2023 | 16:11 WIB
X