• Minggu, 29 Januari 2023

Pembangunan 20 Ruas Jalan di Karanganyar Dikebut, Kejar Lebaran

- Rabu, 25 Januari 2023 | 15:04 WIB
Asihno didampingi Kabid Cipta Karya Ari Wibowo.
Asihno didampingi Kabid Cipta Karya Ari Wibowo.

SMOL.ID – Pembangunan 20 ruas jalan dikebut. Tiga di antaranya saat ini sudah memasuki pelaksanaan yaitu dua ruas di Kebakkramat dan satu di Beji-Pojok. Sedangkan tiga sudah di pokja ULP serta lainnya dalam proses lelang elektronik.

Kadis PUPR Asihno mengatakan hal itu di sela-sela peresmian gedung kejaksaan negeri yang direhab di akhir tahun 2022 lalu. Dia mengatakan, fokus pembangunan tahun ini memang di perbaikan jalan yang sejak pandemi dikeluhkan.

‘’Kita menanggapi keluhan masyarakat, semua jalan terutama yang mengarah ke destinasi wisata kita perbaiki, dan targetnya Lebaran mendatang saat masyarakat sibuk mudik dan memanfaatkan libur lebaran semua jalan sudah mulus,’’ kata dia, Rabu (27/1).

Asihno mengatakan masih ada lagi sumber dana bantuan keuangan APBD Provinsi yang juga untuk perbaikan dan sekarang sedang dalam tahap akhir penyelesaian, serta perhitungan nanti untuk pembangunan ruas jalan baru.

Dia yakin dengan sumber dana dari DAK (Dana Alokasi Khusus) APBN dan bankeu APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten sudah sebagian jalan terutama jalan utama sudah selesai. Sehingga tidak ada keluhan masyarakat.

Asihno dalam kesempatan itu juga mengutarakan soal jalan lingkar yang akan disambungkan ke jalan tol Soker dan tol Solo – Yogya. Proses perencanaan jalan itu masih masuk feasibility studi. Dan memang rencananya tiga kecamatan akan terkena jalan lingkar yang sempat ditentang Bupati Karanganyar itu.

Bupati menentang karena saat itu jalan akan dibuat jalan tol sehingga berbayar. Jika berbayar dia mengaku rakyat akan keberatn, dan kemudian dia mengusulkan jalan lingkar yang melewati Karanganyar, Sukoharjo dan juga mungkin Klaten.

Sekarang ini feasibility studi akan dilakukan PeJN (Pembangunan Perbaikan Jalan Nasional) Kementerian PU dan tiga daerak kecamatan Kebakkramat, Tasikmadu dan Jaten diperkirakan akan dilewati jalan lingkar tersebut dan diupayakan jalan lingkar itu tidak menerjang permukiman.

‘’Yang jelas nanti hasil akhirnya kita tunggu hasil feasibility studinya sehingga akan terlihat kejelasan proses pembangunan jalan tersebut.

Dia juga menambahkan, selain fokus ke pembangunan jalan, masih ada pembangunan gedung untuk beberapa instansi seperti gedung Dinas Pertanian yang sekarang sedang berlangsung, ada Disdag, gedung Disparta, gedung Dinas Perhubungan serta gedung kecamatan Karanganyar, yang akan ditempatkan bersebelahan dengan gedung kelurahan Karanganyar dan Puskesmas.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Artikel Terkait

Terkini

Bulan Depan DIY Mulai Panen Raya Padi

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:00 WIB

Pencemaran Makanan Mempengaruhi Pertumbuhan Anak

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:59 WIB

Soal Sekda Pengganti Sutarno, Ada di Tangan Bupati

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:07 WIB
X