• Minggu, 29 Januari 2023

Penyair Perempuan Yuliani, Luncurkan 100 Soneta di Sastra Bulan Purnama

- Rabu, 25 Januari 2023 | 20:50 WIB
Yuliani Kumudaswari. (Foto : Smol.id/dok)
Yuliani Kumudaswari. (Foto : Smol.id/dok)

SMOL.ID - Sastra Bulan Purnama, yang bakal digelar Sabtu, 28 Januari 2023 di Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Jalan Parangtritis No.364, Dusun Pandes, Desa Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, bakal tampil beda dari biasanya

Perhelatan yang dimulai pukul 15.00 WIB ini, bakal diisi dengan peluncuran buku puisi karya Yuliani Kumudaswari penyair perempuan yang tinggal di Semarang.

Kegiatan Sastra Bulan Purnama yang sudah berjalan 11 tahun ini, sekaligus mengawali kegiatan tahun baru. Selama pandemi Covid-19, Sastra Bulan Purnama tetap digelar walau dilaksanakan secara daring.

Buku karya Yuliani Kumudaswari tersebut berjudul ‘Tunjung Hati’, yang diterbitkan Tonggak Pustaka Yogyakaeta memuat 100 soneta. Sebagian puisi karyanya, bakal dibacakan dalan acara tersebut.

Menurut Ons Untoro, Koordinator Pergelaran Sastra Bulan Purnama kepada Smol.id, Rabu (25/1) petang mengatakan, di tahun 2023 ini Sastra Bulan Purnama mengambil lokasi yang berbeda dari biasanya.

Kali ini Sastra Bulan Purnama diselenggarakan di Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Jalan Parangtritis No.364, Pandes, Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul.

Menyangkut apa yang dimaksud soneta, Wikimedia menuliskannya seperti berikut : Soneta, adalah bentuk kesusastraan Italia yang muncul sejak pertengahan abad ke-13 di Kota Firenze. 

Soneta lebih digolongkan ke dalam suatu bentuk sastra puisi oleh para Sastrawan. Bentuk puisi soneta muncul di Indonesia, karena dibawa oleh para pemuda Indonesia yang bersekolah di Belanda. 

Soneta disenangi oleh para pujangga, sebab secara garis besar hampir sama dengan pantun. “Jumlah barisnya cukup luas untuk mencurahkan isi hati, sehingga bisa menyatakan berbagai perasaan penyair,'' tulis Wikimedia. 

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Artikel Terkait

Terkini

Bulan Depan DIY Mulai Panen Raya Padi

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:00 WIB

Pencemaran Makanan Mempengaruhi Pertumbuhan Anak

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:59 WIB

Soal Sekda Pengganti Sutarno, Ada di Tangan Bupati

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:07 WIB
X