• Minggu, 29 Januari 2023

Hakim Vonis Lepas dan Bebaskan Ketua dan Direktur KSP Indosurya dari Penjara, Ini Alasannya

- Kamis, 26 Januari 2023 | 06:23 WIB
Hakim Vonis Lepas dan Bebaskan Ketua dan Direktur KSP Indosurya dari Penjara, Ini Alasannya (PN Jakbar)
Hakim Vonis Lepas dan Bebaskan Ketua dan Direktur KSP Indosurya dari Penjara, Ini Alasannya (PN Jakbar)

SMOL.ID - Direktur Keuangan dan Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya June Indria dan Henry Surya divonis lepas oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat (Jakbar) perkara gagal bayar dan investasi bodong.

Vonis lepas dari perkara gagal bayar investasi bodong oleh Majelis Hakim PN Jakbar pada sidang digelar Selasa 17 Januari  dan Selasa 24 Januari 2023 lalu cukup menarik perhatian publik.

Pasalnya, dalam sidang tuntutan digelar pada 14 Desember 2022, Jaksa  menuntut terdakwa June Indria dengan hukuman 10 tahun penjara, denda Rp 10 miliar, dan subsider 6 bulan, demikian pula Henry Surya.

Kepala Kejaksaan Agung (Kajagung) ST Burhanuddin turut bersuara dan meminta agar Jaksa melakukan kasasi atas putusan Hakim tersebut.

Baca Juga: Ratusan Korban Gagal Bayar Asuransi Bumiputera Somasi OJK

Dalam sidang putusannya, Majelis Hakim PN Jakbar menyatakan Head Admin atau Direktur Keuangan KSP Indosurya June Indria tidak bersalah dalam perkara gagal bayar atau investasi bodong.

"Bahwa terdakwa June Indria tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan penuntut umum dalam dakwaannya, membebaskan terdakwa June Indria dari segala tuntutan hukum, memulihkan hak-hak terdakwa dalam kemampuan kedudukan harkat serta martabatnya," ucap Hakim.

Menurut Hakim, perkara gagal bayar kali ini ditujukan pada kegiatan yang dilakukan orang per orang bukan korporasi.

Sehingga Majelis Hakim menilai yang harus bertanggungjwab perkara gagal bayar adalah pengurus yang melakukan tindakan di luar kewenangan.

Sedangkan June Indria selaku Head Admin KSP Indosurya yang bertanggung jawab langsung kepada Hendry Surya dan membawahi 16 orang staff.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X