• Rabu, 26 Januari 2022

Sebelum Cek Rekening, Pastikan Kamu Masuk dalam Kategori Calon penerima Bantuan Subsidi Upah

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 01:22 WIB
Kriteria Calon Penerima Bantuan Subsidi Upah (https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id)
Kriteria Calon Penerima Bantuan Subsidi Upah (https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id)

SMOL.ID - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) kembali menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT subsidi gaji kepada para pekerja atau buruh yang terdampak pandemi Covid-19.

BSU berbentuk bantuan tunai nominal Rp500 ribu/bln selama 2 bulan yang akan diberikan dalam 1 tahap. Total Rp1 juta. Akan dikirim ke rekening calon penerima BSU.

BSU merupakan upaya pemerintah dalam rangka melakukan pemulihan ekonomi nasional dengan memberikan atau mendukung kebijakan keuangan negara untuk penanganan pandemi Corona (Covid-19).

Sebelum cek rekening, baiknya pastikan apakah kamu masuk dalam kategori calon penerima BSU.

Menurut Permenaker RI No 16 Tahun 2021, kriteria penerima BSU sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan.
  2. Pekerja / Buruh penerima upah.
  3. Terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan s.d 30 Juni 2021.
  4. Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan 4 (28 Provinsi dan 167 Kab/Kota) sesuai Inmendagri 22/2021 dan 23/2021.
  5. Mempunyai gaji/upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta per bulan. Dalam hal pekerja/buruh bekerja di wilayah dengan UMP/UMK lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan gaji/upah menjadi paling banyak sebesar UMP/UMK dengan pembulatan ratusan ribu ke atas, sesuai dengan upah terakhir yang dilaporkan Pemberi Kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan dan tercatat di BPJS Ketenagakerjaan.
  6. Diutamakan bekerja di sektor usaha : Industri Barang Konsumsi, Transportasi, Aneka Industri, Properti & Real Estate dan Perdagangan & jasa (kecuali jasa Pendidikan dan Kesehatan) sesuai dengan klasifikasi data sektoral di BPJS Ketenagakerjaan.

Merupakan upaya pemerintah dalam rangka melakukan pemulihan ekonomi nasional dengan memberikan atau mendukung kebijakan keuangan negara untuk penanganan pandemi Corona (Covid-19). ***

Editor: Yudistira

Tags

Terkini

X