• Rabu, 19 Januari 2022

PT Jamkrindo Resmikan Rumah Sampah di Garut

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 14:43 WIB
PT Jamkrindo Resmikan Rumah Sampah di Garut
PT Jamkrindo Resmikan Rumah Sampah di Garut

SMOL.ID - PT Jamkrindo menggandeng Yayasan Kelompok Kerja Salarea (Salarea Foundation) meresmikan kehadiran Rumah Sampah Salarea yang merupakan rintisan pengembangan bank sampah berbasis komunitas dan pemberdayaan masyarakat ini menjadi bagian dari ikhtiar dalam membangun kesadaran dan kepedulian kolektif terhadap aspek lingkungan, khususnya persoalan sampah yang semakin akut dan kompleks.

Adapun rintisan bank sampah ini telah hadir di tiga lokasi, yakni Cikoang dan Loji di Kecamatan Cibatu, serta Pasir Waru, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat yang mulai beroperasi di bulan Agustus ini.

Sekretaris Perusahaan Jamkrindo Abdul Bari menyebutkan, pihaknya terus memperluas jangkauan pemberdayaan masyarakat, termasuk di wilayah Garut. Sebelumnya, Jamkrindo sukses menjalankan pemberdayaan masyarkat di Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark dan Cikidang, salah satu kawasan ekonomi rakyat potensial di Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga: HMPS Humas Undip Batang Gelar Piar Festival secara virtual

“Di Garut, Jamkrindo tidak hanya membantu pengembangan ekonomi petani kopi lewat pembuatan demplot kopi dan sejumlah fasilitasi serta pelatihan-pelatihan seperti pembuatan kompos. Saat ini kami berupaya masuk ke solusi masalah sampah dengan mendirikan rumah sampah berbasis komunitas dibawah naungan Salarea Foundation,” kata Abdul Bari dalam keterangannya kemarin.

Abdul Bari mengatakan bahwa kehadiran rumah sampah ditargetkan mampu menjawab tantangan sampah liar yang semakin mengkhawatirkan di wilayah Cibatu dan sekitarnya. Bahkan, untuk pertama kalinya sejumlah wilayah di Cibatu yang dekat dengan bantaran kali kebanjiran cukup parah pada awal tahun ini.

Salah satu penyebabnya adalah banyak kali yang dangkal dan menyempit akibat dipenuhi sampah plastik. Padahal, Cibatu ini dikenal sebagai wilayah terparah di Garut Utara yang langganan krisis air bersih saban tahun saat musim kemarau,” ungkap dia.

Atas dasar itu, PT Jamkrindo terus berkomitmen dalam pemberdayaan masyarakat dan merespon positif upaya pengembangan rumah sampah guna mengatasi problem sampah tersebut.

“Ke depan, tidak hanya solusi sampahnya tapi sisi ekonomi dari pengolahan sampah bisa menjadi insentif bagi kelompok-kelompok masyarakat peduli lingkungan. Untuk itu, Jamkrindo juga telah membantu pengadaan mesin cacah plastik untuk mengolah sampah menjadi bernilai ekonomi. Artinya, muncul ekonomi sirkular dari pemanfaatan sampah,” tukas Abdul Bari.

Baca Juga: Kapolri Minta Masyarakat Waspadai Pinjol Ilegal

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Terkini

BNN Sita 218, 46 Kg Sabu dan Tangkap 11 Tersangka

Senin, 17 Januari 2022 | 14:00 WIB

Hakim MK: Tidak Ada Celah Menghindar Putusan Hukum MK

Senin, 17 Januari 2022 | 13:16 WIB
X