• Jumat, 21 Januari 2022

Menag Kucurkan Dana Rp233 untuk Pesantren, LPQ dan Madrasah, Cek Cara Pengajuannya

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 12:12 WIB
Kabar Gembira, Menag Kucurkan Dana Rp233 M untuk Pesantren dan Madrasah (Antara)
Kabar Gembira, Menag Kucurkan Dana Rp233 M untuk Pesantren dan Madrasah (Antara)

SMOL.ID - Kabar gembira untuk pesantren, Lembaga Pendidikan Al Quran (LPQ), dan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT). Kementerian Agama (Kemenag) mengucurkan dana bantuan sebesar hingga Rp233 miliar.

Kucuran anggaran tersebut bentuk perhatian pemerintah agar pendidikan agama Islam di Indonesia semakin berkualitas.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan program bantuan mencakup empat aspek yakni aspek kelembagaan, sumber daya manusia, akademik, serta sarana. Bentuk bantuannya berupa bantuan operasional, sarana dan prasarana, insentif, dan bantuan lainnya.

"Sekalipun bantuan yang ada belum bisa menjangkau secara keseluruhan, setidaknya bisa menjadi stimulan bagi pesantren, LPQ, dan MDT, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19," ujar Menag Yaqut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, 24 Agustus 2021.

Baca Juga: Bangun 10 Ribu Pertashop, Erick Thohir Gandeng Pesantren - Pengusaha

Menurutnya, program ini merupakan bentuk afirmasi dan dukungan pemerintah terhadap pesantren, LPQ, dan MDT, termasuk para ustad hingga santrinya.

"Jika empat aspek ini dipenuhi, tentunya akan berdampak pada kualitas pesantren dan pendidikan keagamaan Islam, baik LPQ maupun MDT," kata dia.


Sementara itu, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono Abdul Gafur menjelaskan pengajuan bantuan untuk pesantren, LPQ, dan MDT dibuka hingga 10 September 2021.

Dia meminta agar pengelola pesantren, LPQ, dan MDT mengurus sendiri pengajuan bantuannya, melalui aplikasi layanan bantuan pada laman https//:ditpdpontren.kemenag.go.id/layanan/.

Menurut dia Dit PD Pontren telah menerbitkan enam petunjuk teknis penyaluran bantuan, yakni bantuan kemitraan pesantren dan pendidikan keagamaan Islam, bantuan operasional pesantren, bantuan pembangunan asrama pondok pesantren.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Sumber: Antaranews.com

Tags

Terkini

Jokowi Soroti Kasus Investasi Bodong Makin Marak

Jumat, 21 Januari 2022 | 08:50 WIB

BNN Sita 218, 46 Kg Sabu dan Tangkap 11 Tersangka

Senin, 17 Januari 2022 | 14:00 WIB
X