• Rabu, 19 Januari 2022

Jamkrindo dan Salarea Foundation Menyiapkan Program Rumah Semai

- Minggu, 29 Agustus 2021 | 21:24 WIB
Jamkrindo dan Salarea Foundation Menyiapkan Program Rumah Semai.
Jamkrindo dan Salarea Foundation Menyiapkan Program Rumah Semai.

SMOL.ID - Kebutuhan bibit berkualitas menjadi salah satu perhatian PT Jamkrindo dan Yayasan Kelompok Kerja Salarea (Salarea Foundation) dalam mewujudkan ketahanan pangan masyarakat perdesaan di tengah situasi krisis pandemi Covid-19.

Untuk itu, Salarea Foundation menginisiasi rintisan rumah semai di Cibatu, Garut, Jawa Barat.

Tim dari Jamkrindo berkesempatan meninjau aktivitas persiapan pembuatan rumah semai, yang merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas pada Sabtu-Minggu 28-29 Agustus 2021.

Baca Juga: PT Jamkrindo Terlibat dalam Kolaborasi Penyediaan Air Bersih Senilai Rp 1,45 Miliar

Adapun rumah semai tersebut berada di lokasi Rumah Sampah MPL Loji/SMA PGRI Cibatu, yang diinisiasi Jamkrindo bersama Salarea Foundation.

Nantinya, rumah semai ini berfungsi untuk pembibitan stroberi, kopi, dan tanaman konservasi, yakni kelapa dan bambu, terkait kebutuhan program rehabilitasi daerah aliran sungai (DAS) di wilayah Garut, yang sebagian kondisinya kritis.

Dengan penanaman kelapa dan bambu diharapkan bisa mencegah terjadinya erosi di sekitar DAS.

Perlu diketahui, sebagian wilayah di Garut mulai terancam bencana banjir. Tapi sebaliknya, di saat musim kemarau sebagian daerah terutama di Garut Utara, langganan krisis air bersih saban tahun.

Direktur Utama PT Jamkrindo, Putrama Wahju Setyawan mengatakan, pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Garut merupakan program creating share value dari Jamkrindo untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, merangsang penciptaan lapangan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta komitmen perusahaan dalam merespon problem lingkungan dan penanggulangan bencana.

"Kami terus mendukung upaya-upaya dari kelompok masyarakat di program pemberdayaan, penguatan ekonomi, dan pelestarian lingkungan. Upaya pemberdayaan masyarakat di Garut merupakan program creating share value dari Jamkrindo untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan," katanya dalam keterangan resminya.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Terkini

BNN Sita 218, 46 Kg Sabu dan Tangkap 11 Tersangka

Senin, 17 Januari 2022 | 14:00 WIB

Hakim MK: Tidak Ada Celah Menghindar Putusan Hukum MK

Senin, 17 Januari 2022 | 13:16 WIB
X