• Rabu, 19 Januari 2022

Indonesia Dilarang Kibarkan Bendera Merah Putih dan Lagu Kebangsaan saat MotoGP Digeber di Mandalika

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:47 WIB
Indonesia Dilarang Kibarkan Bendera Merah Putih dan Lagu Kebangsaan saat MotoGP Digeber di Mandalika (Foto Antara)
Indonesia Dilarang Kibarkan Bendera Merah Putih dan Lagu Kebangsaan saat MotoGP Digeber di Mandalika (Foto Antara)

SMOL.ID - Kompetisi bergengsi internasional MotoGP 2022 tak lama lagi bakal digeber di sirkuit Mandalia, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun siapa sangka, saat perhelatan itu digelar, Indonesia dilarang untuk mengibarkan bendera Merah Putih dan lagu memutar lagu kebangsaan. Kok bisa?

Semua itu terjadi karena Word Anti Doping Agency (WADA) atau Badan Anti Doping Dunia yang telah menjatuhkan sanksi untuk Indonesia.

Sanksi itu dijatuhi WADA pada pekan lalu lantaran Indonesia tak mematuhi aturan terkait doping. Salah satu hukumannnya adalah tidak diizinkan menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental atau dunia. 

Baca Juga: Diduga Sebarkan Hoaks, Direktur BSTV Ditangkap Polres Metro Jakarta

Selain itu, Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih turun di bawah nama negara, kecuali di Olimpiade dan Paralimpiade.

Pada situs resmi WADA Jumat 8 Oktober 2021, sebagaimana direkomendasikan CRC dan disetujui oleh ExCo WADA, sesuai dengan Pasal 11 dan Lampiran B.3.1 dari ISCCS, para Penandatangan kehilangan hak-hak istimewa WADA mereka sampai pemulihan kembali (ISCCS Annex. B.3.1(a)).

"Indonesia dilarang menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental, atau internasional selama masa penangguhan ini. Tetapi atlet-atlet Indonesia masih mendapatkan izin untuk ikut kompetisi. Namun, mereka tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih turun di bawah nama negara, kecuali di Olimpiade dan Paralimpiade," begitu isipernyataan resmi WADA.

Baca Juga: Polda DIY Akui, 83 Karyawan Pinjol Ilegal di Sleman Dibawa ke Polda Jabar

Beruntung untuk kompetisi MotoGP 2022, meskipun memberikan hukuman, WADA tidak mengintervensi ajang yang sudah diumumkan kepastiannya. Berhubung Sirkuit Mandalika sudah menandatangani kontrak, maka MotoGP Indonesia bisa tetap berlangsung.

Hanya saja, ada dua syarat yang harus dipatuhi,

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Terkini

Liga Inggris: Man City Menang Tipis Atas Chelsea

Minggu, 16 Januari 2022 | 02:12 WIB
X