• Senin, 24 Januari 2022

Bendera Merah Putih Diganti Bendera PSSI Saat Timnas U-23 Hadapi Australia Kualifikasi Piala Asia U-23

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 20:18 WIB
Bendera Merah Putih Diganti Bendera PSSI Saat Timnas U-23 Hadapi Australia Kualifikasi Piala Asia U-23 (Ilustrasi Antara)
Bendera Merah Putih Diganti Bendera PSSI Saat Timnas U-23 Hadapi Australia Kualifikasi Piala Asia U-23 (Ilustrasi Antara)

SMOL.ID - Rentetan sanksi terus menerus menimpa Indonesia setelah sebelummya bendera Indonesia dilarang berikabar saat Indonesia berhasil menjuarai Thomas cup 2020.

Berikutnya Timnas U-23 tak akan bisa mengibarkan bendera merah putih saat melawan Australia dalam ajang kualifikasi Piala Asia U-23 yang akan digelar di Republican Central Stadium Dushanbe, Tajikistan, pada 27 dan 30 Oktober 2021.

Tak diperbolehkannya bendera Indonesia berkibar dikarenakan buntut dari sanksi yang dikeluarkan oleh badan anti Dopping dunia, WADA (World Anti Doping Association) terhadap Indonesia baru-baru ini.

Baca Juga: Transaksi Forex Bodong, Kasus Mark AI Dilaporkan ke Polda Metro Jaya

WADA menjatuhkan hukuman kepada Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) pada tanggal 7 Oktober 2021. Hal tersebut dikarenakan LADI masuk dalam daftar penerapan program tes yang tidak efektif.

Sebagai hukuman, bendera merah putih akan digantikan bendera PSSI saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan ketika pertandingan akan dimulai.

Selain Indoneia, negara yang juga ikut merasakan dampak dari sanksi WADA adalah negara Thailand dan Korea Utara. Negara-negara terebut juga termasuk dalam daftar negara yang tidak patuh penerapan tes eferktif. Dilarangnya pengibaran bendera yang disanksi oleh WADA akan bertahan selama kurang lebih satu tahun. Hingga sanksi tersebut dicabut.

Selain pelarangan pengibaran bendera, WADA juga melarang ketiga negara tersebut untuk :

  1. Diberikan hak untuk menjadi tuan rumah kejuaraan kontinental atau kejuaraan dunia.
  2. Memiliki perwakilan anggota di dewan komite.
  3. Mengibarkan bendera nasional selain di Olimpiade.

Pasca sanksi WADA yang diterapkan pertama kali pada ajang Thomas Cup kemarin, Menpora Zainudin Amali meminta maaf dan bertindak cepat membentuk tim untuk berkoordinasi dengan WADA.

Halaman:

Editor: Salman Al Farisi

Tags

Terkini

Liga Inggris: Chelsea Menang 2-0 Atas Spurs

Senin, 24 Januari 2022 | 08:18 WIB

Liga Inggris: Crystal Palace Tumbang Atas Liverpool

Senin, 24 Januari 2022 | 08:13 WIB

Brighton Kontra Chelsea Berakhir Imbang

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:02 WIB

Liga Inggris: Man City Menang Tipis Atas Chelsea

Minggu, 16 Januari 2022 | 02:12 WIB
X