Tuan Rumah Qatar Tersingkir dari Kompetisi Piala Dunia, Usai Kandas di Tangan Senegal

- Sabtu, 26 November 2022 | 01:59 WIB
Tuan Rumah Qatar Tersingkir dari Kompetisi Piala Dunia, Usai Kandas di Tangan Senegal (IST/AP)
Tuan Rumah Qatar Tersingkir dari Kompetisi Piala Dunia, Usai Kandas di Tangan Senegal (IST/AP)

SMOL.ID - Timnas tuan rumah Qatar tersingkir dari kompetisi Piala Dunai 2022 usai dikandaskan Senegal 1-3 dalam pertandingan Grup A, digelar di Stadion Al Thumama Jumat 25 November 2022 malam WIB.

Kekalahan diderita Qatar hanya enam hari setelah berlaga di kompetisi Piala Dunia dan baru dua kali bertanding.

Suporter Qatar hanya menatap dengan kesedihan dan kekecewaan, karena tertutup sudah tim mereka lolos ke putaran selanjutnya.


Qatar memang gagal lolos ke babak selanjutnya. Tim ini tidak bisa melaju ke babak sistem gugur setelah kalah dari Ekuador di pertandingan pembuka dan dari Senegal pada hari Jumat. Satu kali pertandingan tersisa tidak bisa mengubah nasibnya.

Tersingkirnya Qatar dari kompetisi merupakan terawal atau paling awal dialami negara tuan rumah dalam kurun waktu 92 tahun dalam sejarah Piala Dunia.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar: Ekuador vs Belanda Seri 1-1, Qatar Tersingkir

Nasib Qatar disegel setelah Belanda dan Ekuador bermain imbang 1-1 di pertandingan Grup A lainnya.

Qatar masih memiliki kesempatan satu pertandingan lagi melawan Belanda pada hari Selasa 29 November tetapi kemenangannya tak akan mempengaruhi nasibnya.

Qatar sebelumnya membuat sejarah yang tidak diinginkan sebagai tuan rumah pertama yang kalah dalam pertandingan pembukaan di kompetisi.

Sementara Afrika Selatan pada 2010 adalah satu-satunya tim tuan rumah lain yang tersingkir di babak penyisihan grup. Afrika Selatan setidaknya keluar dengan kemenangan dan hasil imbang dari tiga pertandingan mereka.

Diperkirakan Qatar yang disebut sebagai Negara Teluk kecil itu menghabiskan sekitar 220 miliar dollar Amerika Serikat untuk Piala Dunia pertama di Timur Tengah.

Baca Juga: Portugal Tumbangkan Ghana 3-2, Ronaldo Sumbangkan 1 Gol

Tetapi kenyataannya kekayaan besar dimiliki sebuah negara tidak dapat membeli tim sepak bola kelas dunia.

Qatar tidak pernah lolos ke turnamen terbesar permainan itu sebelum memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah 12 tahun lalu.***

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Calon Ketum PSSI Peserta KLB Diumumkan Akhir Januari

Sabtu, 21 Januari 2023 | 08:18 WIB
X