Sekelompok Pria Bawa Bendera Pelangi Serbu Lapangan saat Pertandingan Portugal vs Uruguay

- Selasa, 29 November 2022 | 08:17 WIB
Sekelompok Pria Bawa Bendera Pelangi Serbu Lapangan saat Pertandingan Portugal vs Uruguay (IST/AP)
Sekelompok Pria Bawa Bendera Pelangi Serbu Lapangan saat Pertandingan Portugal vs Uruguay (IST/AP)

SMOL.ID - Pertandingan antara Portugal vs Uruguay digelar di Stadion Lusail Iconic, Qatar diwarnai aksi sekelomok pria menyerbu lapangan sembari membawa bendera pelangi.

Aksi sekelompok pria itu sebagai bentuk protes terhadap pemerintah Qatar yang dinilai melakukan pelanggaran HAM dan diskriminasi terhadap wanita dan kaum homoseksual.

Aksi mereka yang nekat turun ke lapangan saat pertandingan Portugal vs Uruguay babak ke dua dimainkan, mengejutkan banyak pihak terutama kepolisian yang berjaga.

Salah satu pria tampak mengenakan baju bertuliskan "Hormati Wanita Iran" berlari-lari mengelilingi lapangan sembari membaga bendera pelangi merupakan bendera kaum homoseksual. Di bagian belakag baju juga tertulis "Selamatkan Ukraina".

Baca Juga: Kalahkan Uruguy 2-0, Portugal Jadi Tim Ketiga Melaju ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Mereka merupakan salah satu dari banyak pengunjuk rasa yang menolak diskriminasi di Qatar. Mereka berada di lapangan selama lebih dari 30 detik kemudian pihak pengamanan turun dan menyeret mereka keluar dari stadion.

Penyerbu lapangan selama pertandingan Portugal vs Uruguay itu memprotes pemerintah Qatar, yang tidak mengakui adanya homoseksualitas dan menganggap ilegal.

Bendera pelangi dan hak gay pun menjadi isu selama Piala Dunia 2022 digelar di Qatar.

Pemerintah Qatar tidak mengakui pernikahan sesama jenis atau kemitraan sipil. Pemerintah juga tidak mengizinkan masyarakat di Qatar mengkampanyekan hak-hak LGBT.


Bahkan menjelang pertandingan Piala Dunia 2022, kapten dari tujuh tim Eropa berencana mengenakan ban lengan bertema pelangi untuk mendukung keragaman.

Baca Juga: Akhiri Laga 4-1, Kroasia Singkirkan Kanada dari Piala Dunia 2022

Namun rencana itu batal karena FIFA mengancam akan menghukum dengan kartu kuning jika tidak mengikuti aturan. FIFA melarang keras tim sepak bola mengkampanyekan hal apapun di luar tentang sepak bola.

Pada pertandingan Portugal vs Uruguay, Portugal mengalahkan Uruguay 2-0 dengan dua gol dari Bruno Fernandes. Portugal menjadi tim ketiga setelah Prancis dan Brasil yang lolos ke babak sistem gugur Piala Dunia.

Kemenangan kedua Portugal dalam dua pertandingan menempatkan mereka di puncak Grup H dengan enam poin dan menuju ke babak 16 besar.

Di sisi lain, Uruguay berada di urutan ketiga dengan selisih satu poin. Mereka harus mengalahkan Ghana di pertandingan grup terakhir mereka untuk memiliki peluang maju.***

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Calon Ketum PSSI Peserta KLB Diumumkan Akhir Januari

Sabtu, 21 Januari 2023 | 08:18 WIB
X