Belanda Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, Usai Kalahkan Tuan Rumah Qatar

- Rabu, 30 November 2022 | 06:17 WIB
Belanda Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, Usai Kalahkan Tuan Rumah Qatar (IST/AP)
Belanda Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, Usai Kalahkan Tuan Rumah Qatar (IST/AP)

SMOL.ID - Belanda lolos ke babak 16 besar setelah unggul atas tim tuan rumah Qatar dengan skor 2-0 di Piala Dunia 2022 yang digelar di Stadion Al Bayt, Selasa 29 November 2022.

Qatar yang tersingkir sebelum kickoff dan menjadi tim ruan rumah pertama dalam sejarah Piala Dunia menyelesaikan babak penyisihan tanpa poin.

Belanda berada di puncak Grup A dengan tujuh poin disusul Senegal di urutan runner-up usai mengalahkan Ekuador 2-1.

Tim Oranje itu selanjutkan akan menghadapi urutan kedua Grup B memperebutkan perempat final yang akan digelar Sabtu 3 Desember 2022 di Stadion Internasinal Khalifa.

Baca Juga: Sekelompok Pria Bawa Bendera Pelangi Serbu Lapangan saat Pertandingan Portugal vs Uruguay

Dari pertandingan, tidak butuh waktu lama bagi Belanda untuk menembus pertahanan Qatar. Gol pembuka terjadi di menit ke-26 diciptakan Cody Gakpo. Frenkie de Jong menambahkan satu gol lagi di menit ke-49.

Belanda nyaris menambahkan penderitaan Qatar di babak kedua. Pemain sayap PSV Eindhoven melaju ke depan dan melakukan tendangan rendah ke pojok bawah dari tepi kotak penalti untuk mencetak gol ketiganya di turnamen ini.

Runner-up Piala Dunia tiga kali itu memanfaatkan buruknya pertahanan Qatar untuk menggandakan keunggulan mereka empat menit setelah jeda.

Depay ditolak dari jarak dekat oleh Barsham tetapi De Jong bereaksi lebih cepat daripada Pedro Miguel yang lamban untuk menyodok bola dari jarak hampir satu yard.

Pengganti Steven Berghuis mengira dia telah menambahkan gol ketiga di pertengahan babak kedua, namun golnya dianulir setelah pemeriksaan VAR.

Halaman:

Editor: Lina Setiawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Calon Ketum PSSI Peserta KLB Diumumkan Akhir Januari

Sabtu, 21 Januari 2023 | 08:18 WIB
X