Bukit Sitanjung Lebaksiu, Wisata Alam yang Memiliki Tempat Keramat

- Selasa, 14 Februari 2023 | 15:24 WIB
Bukit Sitanjung Lebaksiu  ((Ade W/SMOL.ID) )
Bukit Sitanjung Lebaksiu ((Ade W/SMOL.ID) )

SMOL.ID - Salah satu tempat yang dinilai keramat oleh masyarakat Kabupaten Tegal yaitu Bukit Sitanjung atau penduduk sekitar lebih sering menyebut Gunung Tanjung, yang letaknya di Desa Lebaksiu Lor, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal.

Tempat ini berada di sebelah timur Patung GBN Lebaksiu di sepanjang hamparan Sungai Gung yang berhulu di Gunung Slamet.

Setiap momen Rabu Pungkasan/Rebo Wekasan pada setiap Rabu terakhir di bulan Safar, di sekitar Bukit Sitanjung ramai dikunjungi orang untuk melakukan ziarah ke makam Syeh Maulana Maghribi yang terletak di puncak Bukit Sitanjung.

Disamping itu, Bukit Sitanjung telah dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Tegal yang menyuguhkan suasana alam yang indah dan eksotis.

Baca Juga: Keindahan Wisata Pantai Pulau Cemara Brebes, Tempat untuk Santai Sekaligus Edukasi Lingkungan

Bukit Sitanjung merupakan sebuah bukit yang memanjang dengan rimbunan pepohonan dan bisa dijadikan lokasi untuk hiking dengan jalur pendakian yang masih asri.

Disini pengunjung akan disuguhkan indahnya bukit dengan udara sejuk serta suasana gemericik aliran air yang mengalir di bawah Jembatan Sunglon.

Jembatan Sunglon merupakan akses menuju ke Bukit Sitanjung, yang memiliki nilai historis tersendiri, jembatan ini dibangun pada zaman dahulu, dengan dialiri air dari Bendungan Danawarih menuju ke Waduk Cacaban.

Jika pengunjung ingin ke tempat ini untuk sekedar santai, tidak perlu khawatir kelaparan, karena di sekitar lokasi Bukit Sitanjung terdapat beberapa rumah makan serta pemancingan dengan menu yang enak dan lezat.

Baca Juga: Ini Dia, Wisata Pancaripis di Kabupaten Tegal yang Suguhkan Pemandangan Alam dan Wahana Outbond

Tertarik ingin mengunjungi Bukit Sitanjung, pengunjung bisa meminta panduan arah ke Bukit Sitanjung Lebaksiu Kabupaten Tegal lewat Google Map yang tersedia di smartphone.

Sebelum menuju ke Bukit Sitanjung, ada baiknya mempersiapkan keperluan dan bekal yang dibutuhkan baik selama perjalanan maupun selama di lokasi.

Selain itu, persiapan fisik dan kendaraan juga perlu dicek agar bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan, serta tetap jaga kondisi diri dan berhati-hati sehingga selamat sampai tujuan.***

Editor: Ade Windiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menikmati Pesona Kuningan Jakarta

Jumat, 2 Juni 2023 | 16:21 WIB
X